PUBG vs Free Fire, Game Tembak-tembakan Manakah yang Paling Seru?

Bagi kalangan pecinta game, permainan bergenre battle royal dalam beberapa tahun belakangan memang sangat hits. Player Unknown’s Battle Grounds (PUBG) mobile dan Free Fire atau yang biasa disingkat dengan FF adalah dua jenis game tembak-tembakan yang paling banyak digemari oleh para pemain.

Secara umum kedua game tembak-tembakan ini punya kesamaan walau sebenarnya ada perbedaan yang sangat mendasar. PUBG mobile memiliki sistem kendali manual sehingga sensasi pertempuran yang lebih melekat saat permainan berlangsung. Sedangkan, Free Fire memiliki fitur auto-aim yang dapat memudahkan membidik musuh dan cocok untuk gamer pemula.

Jika kamu yang suka game pertarungan namun tidak ingin terlalu menguras pikiran, maka kamu lebih cocok memainkan game Free Fire ini. Selain itu, terdapat pula perbedaan dari segi map, di mana PUBG memiliki gambar peta yang sangat besar sehingga menyulitkan pemain untuk mengeksplorasi musuh serta akan sulit mencari tempat yang diinginkan jika map diperkecil. Sedangkan pada Free Fire, map yang disediakan lebih kecil luas sehingga mempermudah dalam mengeksplorasi musuh.

Jika dilihat dari segi zonanya sendiri, baik itu Game PUBG Mobile atau Free Fire ternyata sama-sama memiliki zona merah atau red zone. Zona ini merupakan zona tand di mana akan ada hujan bom yang dapat membahayakan pemain ketika berada di luar ruangan. Tidak heran jika banyak pemain di kedua game tersebut yang menghindari zona ini sebab takut akan mati lebih cepat. Menariknya, pada game Free Fire ada zona UAV yang seketika muncul untuk membantu pemain untuk deteksi adanya musuh yang sedang mendekat.

Hal unik yang juga ada pada game Free Fire ini adalah karena tidak adanya pintu di setiap bangunan, sehingga ketika berada di kondisi terjepit, sangat sulit untuk bersembunyi dari intaian musuh. Lain halnya dengan PUBG, di mana PUBG memiliki pintu, jendela dan unsur bangunan pada umumnya. Hal ini yang membuat PUBG menjadi terlihat lebih real dibandingkan FF.

Tetapi, Free Fire menjadi lebih unggul apabila dibandingkan dari segi server. Hal ini dikarenakan Free Fire telah memiliki server sendiri di Indonesia sedangkan PUBG masih berbasis benua, seperti Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Dengan adanya server di Indonesia, maka Free Fire lebih mudah, cepat dan stabil sehingga permainan bisa dimainkaan dengan lancar di ponsel walaupun spesifikasinya belum tinggi. 

Kelebihan Free Fire yang lain adalah cocok dimainkan pada segala jenis HP. Free Fire pun saat ini telah menduduki ranking pertama game online paling banyak dimainkan. Hal ini bisa dilihat pada penghargaan Google User Choice Awarard 2018 regional Indonesia yang menyebutkan bahwa Free Fire telah dimainkan 32,21 juta orang. Hal ini akan memudahkan kamu untuk memperluas jaringan mabar atau main bareng.

Selain itu, kelebihan Free Fire dibanding game lain adalah tidak memakan ruang penyimpanan terlalu besar. Secara umum, game ini juga cukup sederhana, kamu hanya harus bertahan hidup dan membunuh beberapa musuh.

Ada pula bonus berupa naik peringkat menggunakan diamond untuk naik ranking. Diamond berfungsi untuk melengkapi barang yang digunakan untuk bertahan hidup, seperti baju, senjata, dan masih banyak barang yang lain. Untuk mengisi diamond pada akun, bisa dengan cara top up terlebih dahulu melalui berbagai aplikasi Free Fire, seperti voucher game, situs top up game, dan operator lainnya.

Nah, itulah perbedaan serta keunggulan dari masing-masing game tembak-tembakan ini. Kamu dapat memainkan keduanya, sehingga dapat menentukan manakah yang paling seru di antara keduanya. Tetapi ingatlah selalu bahwa bagaimanapun juga, hadirnya berbagai game ini hanya untuk hiburan semata, dan jangan sampai kamu memprioritaskan game sehingga mengabaikan tugas dan tanggung jawabmu sehari-hari. 


Untuk informasi dan berita game online terbaru, ikuti terus update kami di sini. So, selamat bermain dan temukan keseruannya, ya!

Leave a Comment