Deretan Emulator Android Terbaik untuk PC

Sekarang ini, sudah banyak game Android bertebaran di mana-mana. Maraknya game PUBG Mobile, COD Mobile, dan Free Fire merupakan bukti nyata dari pesatnya perkembangan demografis mobile gamer di Indonesia.

Itulah mengapa emulator Android itu sangat berguna karena selain bisa menghadirkan dukungan keyboard dan mouse sebagai kontrolnya, ukuran layar yang besar bisa menambah sisi immersion saat bermain.

Ada satu hal yang amat penting untuk dipertimbangkan dalam memilih emulator, yaitu tingkat keringanannya. Kamu jadi lebih leluasa untuk menyesuaikannya dengan perangkat PC dan laptop jika emulatornya semakin ringan.

Jadi, meski laptop dan PC milikmu berspesifikasi rendah, emulatornya tetap bisa bekerja dengan baik. Jika kamu penasaran dengan deretan emulator Android terbaik untuk PC, berikut ini beberapa rekomendasi yang pas untuk kamu!

AMIDuoS

Emulator pertama yang bisa kamu coba adalah AMIDuOS, yang sudah sangat populer dan banyak penggunanya. AMIDuOS merupakan Android emulator yang bisa digunakan untuk segala kebutuhan, mulai dari games hingga jadi developer.

Jika kamu tertarik, AMIDuOS bisa diunduh, dipasang, dan digunakan secara gratis selama 30 hari. Untuk pemakaian selanjutnya, ada dua opsi yang dapat dipilih pengguna. Pertama, untuk Android Jelly Bean harganya sekitar 10 dolar. Kedua, untuk Lollipop harganya sekitar 15 dolar.

Berbagai fitur lengkap sudah tersemat di AMIDuoS dan dapat bekerja pada sistem operasi Windows 7, 8, dan 10.

Android Studio

Android Studio merupakan pilihan yang pas jika kamu bekerja sebagai seorang developer. Pasalnya, emulator ini sudah mendapatkan lisensi langsung dari Google sehingga bisa dipakai untuk menguji game dan aplikasi dengan mudah.

Namun, jika kamu membutuhkan emulator untuk game dan main sosial media dari PC, Android Studio bukanlah pilihan yang tepat. Hal ini karena diperlukan coding khusus untuk menjalankan Android Studio, di mana yang bisa coding ini biasanya hanya para programmer andal.

Leapdroid

Leapdroid diklaim sebagai salah satu emulator android terbaik yang ringan. Meski tergolong masih baru, namanya cepat melejit lantaran fitur dan kinerjanya yang bagus.

Kelebihan dari Leapdroid adalah karena sudah dilengkapi dengan tweak dan optimasi sehingga seluruh proses bisa dijalankan dengan lancar dan smooth. Bahkan, sangat cocok buat gaming dengan skor benchmark yang bagus.

Terlebih, dengan Leapdroid kamu juga bisa menjalankan dua game secara berdampingan. Sangat cocok buat pengguna yang terbiasa main satu game dengan dua akun berbeda.

Andy

Jika kamu mencari emulator yang mau memberikan seluruh fiturnya secara gratis, maka Andy adalah jawabannya. Dengan Andy, kamu  bahkan boleh bereksplorasi dalam mengelola fitur android di PC, mulai dari launcher, game, hingga instalasi root.

Selain itu, hal menariknya lainnya adalah karena  Andy bisa digunakan pada perangkat dengan sistem operasi Windows dan MacOS sehingga sangat lengkap dan multifungsi. Sangat tepat untuk kamu yang membutuhkan emulator multifungsi.

GameLoop

GameLoop ini didesain secara khusus untuk para gamers, sesuai dengan namanya. Oleh sebab itu, emulatornya sangat cocok buat kamu yang main PUBG, Honkai Impact, Arena of Valor, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain itu, GameLoop juga dikenal dengan performanya yang kencang. Emulator GameLoop ini bisa dipasang pada laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 7, 8, 8.1, dan 10. Menarik, bukan?

MEmu

Satu hal menarik yang ditawarkan oleh MEmu adalah kompatibilitas yang cukup lengkap pada perangkat dengan chip intel dan AMD. Selain itu, MEmu juga punya akses root dengan tampilan sidebar yang lengkap.

Fiturnya sangat beragam dengan berbagai fungsi yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan. MEmu menjadi salah satu emulator yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik itu game maupun menjalankan kegiatan produktif lainnya. Selain itu, MEmu juga sudah kompatibel dengan berbagai versi android. Mulai dari Jelly Bean, Kit Kat, dll.

Soal kinerja atau performa, MEmu tidak usah diragukan lagi. Performanya kencang dan bisa menjalankan sebagian besar aplikasi android di PC secara lancar dan smooth.

Nox

Bagi para gamers, Nox bukanlah emulator yang asing. Pasalnya, sudah banyak orang yang menggunakan software yang bisa dipakai untuk main Mobile Legends ini.

Nox menjadi salah satu emulator android ringan yang sangat direkomendasikan. Hal ini karena selain ringan, Nox juga sudah memiliki fitur lengkap yang akan mendukung performanya dalam memainkan game di PC. Dengan Nox, kamu bisa main game menggunakan keyboard, mouse, bahkan Joystick.
Itulah beberapa rekomendasi emulator Android terbaik untuk PC yang bisa kamu gunakan.  Manakah yang menarik minat kamu? Yang pasti, kamu perlu ingat bahwa performa game pada emulator-emulator ini juga tergantung pada spesifikasi PC milikmu. So, selamat memilih!

Leave a Comment