Kupas Tuntas Age of Empires IV, Apa Saja yang Bikin Ramai?

Age of Empires merupakan salah satu game yang paling ikonik di dunia. Bagaimana tidak, game ini seolah tumbuh bersama tersebarnya teknologi komputer. Awalnya, seri game Age of Empires bermula pada tahun 1997, lalu generasi keduanya yaitu Age of Empires 2: The Age of Kings hadir pada tahun 1999. Setelah itu, Age of Empires 3 menggebrak pada tahun 2005. 

Lama tidak ada kabarnya, kini Age of Empire membawa kabar baik untuk penggemarnya di mana pada tahun 2021 ini Age of Empires IV resmi dirilis. 

Lalu, apa saja yang membuat game Age of Empires ini semakin ramai? Yuk, kita kupas tuntas bersama!

Kekhasan game terus dipertahankan

Kalau kamu sempat memainkan game pertama saat itu dan mengikuti sampai yang terakhir, kamu pasti bisa melihat perkembangan dari segi jalan cerita, gameplay, sampai kualitas grafisnya.

Kekhasan game ini yang terus dipertahankan, baik dari jenis pasukan dan karakternya, cara bermain, atau tema yang konsisten. Meski tidak memiliki banyak installment, Age of Empires berhasil menjadi sebuah game Real Time Strategy klasik.

Resolusi 4K di tangan Relic Entertainment

Tim Xbox merayakan 20 tahun Age of Empires dengan mengumumkan Age of Empires: Definitive Edition dan generasi terbaru Age of Empires IV di gamescom 2017. Age of Empires: Definitive Edition merupakan remaster dari ketiga game klasik yang ada dengan pembaharuan yang mendukung resolusi 4K.

Menariknya lagi, pengembangan game Age of Empires IV sekarang ini ada di tangan Relic Entertainment. Sebelumnya, seri Age of Empires dikembangkan oleh Ensemble Studios yang kini telah menghilang dari peredaran.

Relic Entertainment merupakan pengembang game Real Time Strategy ternama, di mana portofolio mereka meliputi Homeworld, Company of Heroes, dan Warhammer 40,000: Dawn of War. Mereka juga mengatakan bahwa game Age of Empires IV berisi konsep artistik penaklukan dari Romawi kuno sampai Revolusi Amerika.

Tambahan fitur terbaru untuk pemain

Sumber: gitecc.com

Tak hanya itu saja, salah satu fitur terbaru yang dihadirkan di game ini adalah pemain bisa mengemas bangunan dan membuatnya lebih mudah dipindahkan ke tempat lainnya setelah menghabiskan sumber daya yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Berbeda dengan genre biasanya yang membutuhkan waktu bermain yang cukup lama, Relic Entertainment mengadaptasi gameplay Age of Empires IV atau yang biasa disingkat dengan AoE IV menjadi lebih cepat agar sesuai dengan berbagai game yang ada pada saat ini.

Keunggulan Age of Empires IV

Ada beberapa perbedaan yang bisa kamu temukan di game Empire 4 jika dibandingkan dengan Empire 1, 2, ataupun 3. 

Salah satu perbedaan bisa kamu temukan di kemampuan para prajurit. Salah satunya ada di Priest. Jika pada AoE III seorang Priest bisa bertindak sebagai healer dalam pertempuran, pada AoE IV ini Priest dapat mengubah pasukan lawan menjadi teman dengan menggunakan relik. 

Bicara mengenai Empire tentu tidak akan terlepas dengan membicarakan masalah peradaban. Di game ini sendiri terdapat 8 peradaban. Namun, hingga saat ini, Relic Entertainment baru menyebutkan 4 peradaban saja, yaitu English, Mongols, Chinese, dan the Delhi Sultanate.

Pada bagian campaign, game ini setidaknya memiliki 4 campaign yang sangat menarik untuk dimainkan, seperti Norman Campaign. Di campaign ini, para pemain akan berperan sebagai William dari Normandy dan memiliki tugas untuk menaklukkan Inggris dan merebut tahta kerajaannya.

Tips bermain Game AoE untuk pemula

Seiring dengan berjalannya waktu, bermain game Age of Empires tentu tidak akan sesulit pada awal ketika kamu bermain. 

Pertama yang harus kamu lakukan adalah memerhatikan sektor ekonomi. Senada dengan dunia nyata yang memang sangat memerhatikan ekonomi ketika memainkan game ini, kamu tidak boleh sembarangan dalam mengendalikan sektor ekonomi kerajaan yang sedang kamu bangun. 

Salah satu obyek vital yang harus diperhatikan dalam membangun sektor ekonomi dalam game AOT adalah dengan memastikan pembuatan villager yang banyak. Villager sendiri adalah orang-orang penting yang bisa digerakkan untuk mendapat berbagai bahan-bahan yang akan digunakan untuk membangun kerajaan. 

Selain sektor ekonomi, kamu juga harus membangun pertahanan yang kuat agar kerajaan kamu tidak hancur hanya dalam satu serangan saja. Game Empire ini memang mengharuskan kamu bertarung dengan kerajaan-kerajaan lain yang bisa saja melakukan serangan di saat kamu lengah. Untuk itulah kamu harus membangun sektor pertahanan yang solid. 
Nah, itulah fakta-fakta terbaru mengenai game Ages of Empire IV yang dirilis pada tahun 2021 ini. Mainkan game ini sekarang juga untuk mendapatkan pengalaman bermain game mengajarkan dasar-dasar pertempuran, bangunan, ekonomi, dan “keterampilan penting lainnya”. So, selamat bermain, ya!

Leave a Comment